Menu

Penjualan Huawei Tetap Eksis Meski Dicurigai Sebagai Mata-mata di AS

0 Comment


Meski sudah bertahun-tahun Amerika Serikat menuduh bahwa Huawei adalah mata-mata pemerintah China, ternyata vendor asal negeri Tirai Bambu tersebut tetap berkiprah dengan baik dan justru berprestasi.

Melansir Phone Arena yang mengutip rilis resmi dari Huawei, selama 2017 Huawei menjual 153 juta perangkat smartphone, termasuk smartphone dari anak perusahaannya yakni Honor. Pemasukan dari perangkat smartphone ini naik 32 persen dari tahun sebelumnya.

Meroketnya penjualan Huawei sebenarnya jadi optimisme dan ambisi sang CEO untuk mengalahkan Samsung dan Apple di pangsa pasar smartphone dunia. Sang CEO, Richard Yu, pernah menyatakan bahwa tujuan utama Huawei saat ini adalah untuk mengalahkan Apple dan Samsung.

Optimisme ini berujung pada pedenya Huawei masuk ke pasar AS dengan menggandeng operator lokal Verizon dan AT&T untuk menjual Huawei Mate 10 Pro. Namun penolakan kongres AS dengan sentimen ‘mata-mata’, akhirnya memupuskan harapan Huawei masuk AS.

Padahal, Yu menyebut bahwa jika Huawei masuk AS, perusahaannya tentu bisa dengan mudah mengalahkan Samsung dan Apple. Bahkan di pertengahan tahun, Huawei selalu bisa kalahkan Apple sebagai vendor smartphone terbesar kedua di dunia, karena penjualan Huawei yang luar biasa di bulan Juni dan Juli, tepat ketika Apple masih belum memproduksi smartphone baru.

Hal ini memang masuk akal. Pasalnya menurut firma riset IDC, Samsung menjual 317,1 juta unit tahun lalu sementara Apple, pasca rilis perangkat baru di September, menjual 215,8 juta.

Mari kita tunggu saja apa kiprah Huawei selanjutnya.

Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *