Menu

Sengketa Tarif Impor, Industri AS Terancam Rugi

0 Comment


Para peneliti di Northern Arizona University (NAU) memetakan seberapa jauh pengaruh dari tarif perdagangan yang diberlakukan oleh pemerintahan Trump pada impor baja dan aluminium terhadap masyarakat dan industri AS.

Menurut laporan terbaru dari situs web resmi NAU pada Senin (2/4), peneliti Benjamin Ruddell menunjukkan kenaikan tarif dapat meningkatkan biaya melakukan bisnis untuk ekonomi AS karena perusahaan harus membayar harga lebih tinggi untuk baja, aluminium dan input lainnya, tetapi yang lebih penting, pembalasan dari negara-negara lain akan memukul bagian-bagian lainnya.

Sementara tujuan dari tarif adalah untuk melindungi masyarakat dan industri-industri AS yang dipilih. Namun tarif pembalasan oleh mitra dagang AS dapat merugikan masyarakat dan industri-industri AS lainnya.

Misalnya, tarif baja AS melindungi pekerja batu bara dan baja, tetapi jika produsen-produsen baja Asia seperti China membalas dengan menempatkan tarif pada produk-produk pertanian AS, itu merusak sektor pertanian.

Asisten profesor riset di SICCS, Richard Rushforth mengatakan tarif yang diusulkan oleh China untuk melawan tarif AS pada baja dan aluminium telah memiliki dampak seperempat miliar dolar AS pada daging babi Iowa, yang merupakan produsen daging babi terbesar di negara itu dan mengekspor sekitar 1,1 miliar dolar AS daging babi ke pasar China tahun lalu, menurut Federasi Ekspor Daging AS.

“Ketidakpastian dengan mitra perdagangan global memiliki implikasi lokal yang nyata. Tarif tidak boleh dilihat sebagai sesuatu yang terjadi pada orang lain, tetapi lebih sebagai kebijakan yang akan memengaruhi dompet Anda,” ungkapnya.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *